Gunung Djati Conference Series
Vol. 54 No. 3 (2025): Mathematics Education on Research Publication (MERP) III

Meningkatkan Kemampuan Bernalar Siswa dengan Memanfaatkan Geogebra dalam Materi Transformasi Geometri (Translasi dan Refleksi)

Aprizal, Fazry Mochamad (Unknown)
Rachmawati, Tika Karlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian lebih mendalam mengenai penggunaan software geogebra dalam pembelajaran geometri transformasi (translasi dan refleksi) dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan bernalar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifyang termasuk ke dalam studi pustaka, dimana dilakukan analisis secara mendalam mengenai jurnal dan tulisan yang sesuai dengan subjek penelitian sebagai metode penelitian yang digunakan. Dari temuan penelitian didapatkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan bernalar siswa dalam materi geometri transformasi (translasi dan refleksi) dapat menggunakan geogebra sebagai alat bantu untuk pembelajaran siswa. Dalam pengaplikasian penggunaan media pembelajaran geogebra ini diperlukan guru yang sudah menguasi aplikasi geogebra serta bisa menjadi demonstran cara penggunaannya kepada para siswa. Disamping itu para siswa harus mendapat latihan secara berkala untuk menstimulus kemampuan mereka dalam bernalar. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara 1) guru mencari tahu pengetahuan awal siswa terhadap materi. 2) guru mulai menjelaskan materi berbantuan software geogebra. 3) guru mendemonstrasikan penggunaan software geogebra untuk menyelesaikan masalah matematika. 4) siswa diberi kesempatan untuk mencoba menyelesaikan masalah dengan software geogebra. 5) guru memberi masalah baru yang bisa menggugah pemahaman siswa terhadap konsep materi tersebut sehingga dapat mengaplikasikannya melalui software geogebra.

Copyrights © 2025