Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital
Vol. 2 No. 4 (2025): August

Langkah Public Relations Saung Angklung Udjo dalam Pengembangan Brand Image melalui Kawasan Angklung Living Museum

Zahrany, Meutia Nada (Unknown)
Priyatna, Centurion Chandratama (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2025

Abstract

Dalam persaingan global yang semakin ketat, brand tidak hanya dituntut menyediakan produk atau layanan berkualitas, tetapi juga membangun citra yang membedakannya dari kompetitor. Dalam sektor pariwisata, brand image menjadi penting untuk menciptakan pengalaman wisata yang unik dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dimensi brand image yang meliputi identitas merek, kepribadian merek, asosiasi merek, perilaku dan sikap merek, serta kompetensi dan manfaat merek, melalui studi kasus di Saung Angklung Udjo. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka selama periode 27 Juni hingga 14 Agustus 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Saung Angklung Udjo berhasil mengimplementasikan kelima dimensi brand image melalui kawasan Angklung Living Museum yang menampilkan budaya Sunda secara autentik dan konsisten melalui program edukatif dan interaktif. Citra merek dibangun melalui komunikasi yang ramah, inklusif, serta keterkaitan antara pelestarian budaya dan destinasi wisata. Penelitian ini merekomendasikan penguatan identitas digital, peningkatan inovasi program, dan perluasan kolaborasi global untuk memperkuat posisi Saung Angklung Udjo sebagai destinasi budaya berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jbkd

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. JBKD publishes four issues annually in the months of November, February, May and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been published by ...