Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran nilai-nilai Pancasila dalam meningkatkan sikap sopan santun siswa terhadap guru di SMK Sasmita Jaya 2. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena menurunnya sikap sopan santun siswa dalam interaksi di lingkungan sekolah, khususnya terhadap guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas tiga tahapan: pra-siklus, siklus, dan pasca-siklus. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra-siklus, tingkat kesopanan siswa hanya mencapai 65,36%. Setelah diterapkan pembelajaran berbasis nilai-nilai Pancasila, terjadi peningkatan menjadi 79,52% pada siklus dan 83,16% pada pasca-siklus. Peningkatan ini mencerminkan keberhasilan pendekatan pembelajaran nilai dalam membentuk sikap sopan santun siswa terhadap guru. Pembelajaran melalui metode diskusi dan keteladanan guru terbukti efektif dalam menginternalisasi nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran nilai-nilai Pancasila memiliki kontribusi yang signifikan dalam membentuk karakter siswa yang santun, terutama dalam konteks hubungan antara siswa dan guru. Kata Kunci: Nilai Pancasila, Sopan Santun, Pendidikan Karakter, Penelitian Tindakan Kelas
Copyrights © 2025