Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir aljabar pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Majene, Kabupaten Majene. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Adapun populasi yang diteliti yaitu semua siswa kelas VIII di SMPN 2 Majene, Kabupaten Majene yang terbagi dalam 6 kelas kemudian dilakukan pemilihan sampel adalah simple random sampling. Dalam menganalisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dimana hasilnya bahwa rata-rata kemampuan berpikir aljabar pada kelas kontrol adalah 55,47 dengan standar deviasi 11,734. Sedangkan rata-rata kemampuan berpikir aljabar dengan penerapan model probem based learning yaitu 79,69 dengan standar deviasi 10,075. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir aljabar antara siswa yang diajar dengan menerapkan model problem based learning pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Majene, Kabupaten Majene dengan hasil perhitungan nilai sig. 0,00 < 0,05 yang berati ditolak. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VIII SMPN 2 Majene.
Copyrights © 2025