Penelitian ini bertujuan untuk melihat pelaksanaan pembelajaran Geografi berbasis standar proses pendidikan nasional dalam Kurikulum Merdeka di MAN 1 Pekanbaru. Fokus penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam implementasi kurikulum tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan utama meliputi guru Geografi. Analisis data dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran telah mengacu pada Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), namun guru menghadapi kesulitan dalam menyusun modul ajar berbasis proyek. Pelaksanaan pembelajaran mengintegrasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, meskipun pendekatan berbasis eksplorasi mandiri siswa belum optimal. Penilaian autentik mulai diterapkan, namun penilaian berbasis proyek belum sepenuhnya efektif. Kendala utama meliputi keterbatasan sarana pembelajaran, waktu, dan kurangnya pelatihan intensif bagi guru. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru, penguatan sarana pembelajaran, dan kebijakan yang mendukung fleksibilitas dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Kata kunci: Pembelajaran Geografi, Standar Proses, Kurikulum Merdeka
Copyrights © 2025