Proses pembelajaran di kelas selama ini cenderung monoton dan kurang menarik karena masih didominasi oleh metode ceramah atau pembelajaran konvensional. Akibatnya, siswa menjadi kurang termotivasi dan pencapaian hasil belajar tidak sesuai dengan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media gambar fotografi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di MAN 2 Palembang, dengan sampel sebanyak 70 siswa dari kelas XI IPS A dan XI IPS B yang dipilih melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, angket motivasi belajar, dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar fotografi memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar Geografi siswa.
Copyrights © 2025