Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 5, No 1 (2025)

STRATEGI KORAN JAWA POS MEMPERTAHANKAN BISNIS MEDIA CETAK DI ERA DIGITAL

Setiadarma, Dani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisa strategi yang diterapkan Koran Jawa Pos dalam menghadapi persaingan perkembangan teknologi yang dihadapi bisnis media massa di era digital. Penelitian ini menemukan bahwa Koran Jawa Pos telah berhasil bertahan selama lebih dari tujuh dekade dengan menunjukkan kemampuan adaptasi yang tinggi dan strategi yang efektif. Perubahan visual yang signifikan, fokus pada berita lokal, adanya program kegiatan sosial, serta pemberian ruang untuk publik merupakan beberapa strategi yang diterapkan untuk membangun opini publik dan mempertahankan audiens. Meskipun menghadapi persaingan ketat dari media digital, Koran Jawa Pos masih memiliki beberapa keunggulan, seperti pengalaman, koleksi arsip, nilai sentimental, dan interaksi sosial. Sebagai saran, Koran Jawa Pos perlu memperkuat konten lokal, menerapkan strategi digital yang efektif, meningkatkan kualitas konten, mencari sinergi dengan media digital, dan menjalankan program loyalitas pembaca untuk mempertahankan eksistensi dan relevansi di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN 2775-9806 (cetak) dan ISSN 2775-9814 (Online), dikelola Program Studi Manajemen diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Jurnal Manajemen dan Bisnis diterbitkan dua kali setahun (pada Maret dan September). Menerima ...