All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 5, No 2: Juni 2025 Part 2

Pemanfaatan Instagram @Inspektorat_Jabar Sebagai Media Publikasi Event West Java Youth Camp oleh Humas Inspektorat Jawa Barat

Hizelia, Sherli Attira (Unknown)
Suwanda, Bayu Suriaatmaja (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Kehadiran media sosial telah mengubah pola komunikasi lembaga pemerintah dengan masyarakat. Instagram, sebagai media berbasis visual yang populer di kalangan anak muda, dimanfaatkan oleh Humas Inspektorat Jawa Barat untuk mempublikasikan event West Java Youth Camp. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Instagram @inspektorat_jabar dimanfaatkan sebagai media publikasi serta menganalisis efek komunikasi yang ditimbulkan dari pemanfaatan media sosial tersebut. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teori pengelolaan media sosial 4C (context, communication, collaboration, dan connection) dari Chris Heuer digunakan untuk menganalisis strategi pengelolaan media sosial, sedangkan teori efek komunikasi massa digunakan untuk menilai dampak psikologis terhadap audiens (efek kognitif, afektif, dan behavioral). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Inspektorat Jawa Barat mampu mengelola Instagram dengan strategi yang terencana, kolaboratif, dan interaktif. Instagram @inspektorat_jabar menjadi sarana efektif dalam menyampaikan informasi, membangun keterlibatan, serta membentuk citra positif lembaga di mata generasi muda. Efek komunikasi yang ditimbulkan menunjukkan bahwa konten yang dipublikasikan meningkatkan pemahaman, membentuk kedekatan emosional, dan mendorong tindakan nyata dari audiens.

Copyrights © 2025