Di era globalisasi, moralitas pemuda muslim terancam oleh berbagai pengaruh buruk seperti media sosial, budaya asing, dan nilai-nilai yang bertentangan dengan ajaran Islam. Sayangnya, pendidikan agama Islam yang seharusnya menjadi benteng moral justru menghadapi berbagai tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan strategi pendidikan agama Islam dalam membangun integritas moral pemuda muslim di era globalisasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (Library Research), teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dimana peneliti mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam menghadapi beberapa tantangan utama, yaitu pengaruh budaya asing, perkembangan teknologi dan media sosial yang sangat cepat, serta krisis identitas pada diri pemuda Muslim. Untuk mengatasi tantangan tersebut, pendidikan agama Islam perlu melakukan beberapa hal, seperti membuat kurikulum yang sesuai dengan zaman namun tetap berpegang pada nilai-nilai Islam, meningkatkan kualitas para guru agama, serta bekerja sama dengan orang tua dan masyarakat. Jika strategi-strategi tersebut diterapkan dengan baik, diharapkan pendidikan agama Islam dapat mencetak pemuda Muslim yang memiliki karakter kuat dan mampu menghadapi tantangan zaman. Pemuda Muslim yang berkarakter baik akan menjadi pemimpin masa depan yang membawa perubahan positif bagi umat Islam.
Copyrights © 2025