Masalah sampah merupakan isu lingkungan yang membutuhkan perhatian khusus, terutama dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan tong sampah otomatis terhadap peningkatan pengetahuan siswa dalam memilah sampah. Metode penelitian menggunakan desain eksperimental "One- Group Pretest-Posttest Design" dengan sampel 62 siswa kelas IV, V, dan VI di SDN 060942 Titi Papan yang dipilih melalui teknik total sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada tingkat pengetahuan siswa tentang pemilahan sampah. Sebelum intervensi, mayoritas siswa berada pada kategori pengetahuan kurang baik (53,2%), namun setelah intervensi, sebanyak 96,8% siswa berada dalam kategori baik. Hasil uji Wilcoxon menghasilkan p-value 0,000 (p < 0,05), menunjukkan pengaruh signifikan penggunaan tong sampah otomatis terhadap peningkatan pengetahuan siswa. Penggunaan teknologi ini memberikan pengalaman belajar yang interaktif, sehingga meningkatkan pemahaman siswa mengenai pentingnya memilah sampah. Penelitian ini menunjukkan bahwa media edukasi inovatif seperti tong sampah otomatis dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung pendidikan lingkungan di sekolah dasar.
Copyrights © 2025