Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2025

The Efektivitas Media Pembelajaran Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Handri, Muhammad (Unknown)
Il Badri, Mohamad (Unknown)
Arifin, Ilfiana Firzaq (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat menuntut pendidik lebih menguasai teknologi yang lebih modern. Pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif penting untuk menciptakan suasana pembelajaran yang berorientasi pada student center. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu videoscribe. Melalui media videoscribe fakta-fakta Sejarah yang sulit dipahami bisa ditampilkan dalam bentuk audio-visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment. Desain yang digunakan desain pre-test dan post-test kelompok tak ekuivalen. Tempat penelitian adalah Madrasah Aliyah Al Hasan dengan populasi kelas XI IPS. Sampel yang digunakan kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Berdasarkan hasil uji t non independen pada kelas eksperimen nilai t hitung sebesar 3,533 dan kelas kontrol sebesar 1,868. Hasil uji t independen pada data post-test 2,194. Berdasarkan hasil tersebut kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media videoscribe terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...