Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2025

Penerapan Pendekatan Steam dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran IPA

Azzahra, Fathimah (Unknown)
Putri, Sheryl Mutiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Kemampuan berpikir kritis perlu dikembangkan sejak dini, terutama di jenjang sekolah dasar. Namun dalam praktiknya khususnya pada pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) masih sering dilakukan secara konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektifitas pendekatan STEAM (Sciecnce, Technology, Engineering. Art. and Mathematic) dalam meningkatkan berpikir kritis siswa SD. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan mengkaji berbagai literature jurnal, dan sumber relevan dari hasil penelurusan 20 artikel, terpilih 12 artikel yang memenuhi kriteria tujuan peneliti, yang diterbitkan dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2020-2025). Hasil analisis menunjukkan pendekatan STEAM efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis proyek yang mendorong proses analisis, pemecahan masalah dan pengambil keputusan ditandai dengan peningkatan keaktifan dalam proses pembelajaran serta hasil evaluasi yang lebih baik meskipun terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan sarana dan kesiapan guru, namun pendekatan pembelajaran STEAM pada pelajaran IPA, direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran invatif ditingkat pendidikan dasar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...