Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol. 8 No. 4 (2025): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting

PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI PEGAWAI PELAYANAN TEKNIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KUALITAS SDM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PT. PLN (PERSERO) UP3 LUBUK PAKAM ULP PERBAUNGAN

Adisyahputra, Rachmat (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)
Indrawan, M. Isa (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan motivasi pegawai pelayanan teknik terhadap kinerja pegawai dengan kualitas SDM sebagai variabel intervening di PT. PLN (Persero) UP3 Lubuk Pakam ULP Perbaungan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis jalur (path analysis). Dari 110 populasi yang terdapat di PT. PLN UP3 Lubuk Pakam ULP Perbaungan, Sampel penelitian ini terdiri dari 57 responden yang merupakan pegawai pelayanan teknik di PT. PLN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pegawai memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja pegawai, sedangkan motivasi pegawai juga terbukti memiliki pengaruh positif terhadap kinerja. Kualitas SDM berperan sebagai variabel intervening yang memperkuat hubungan antara kompetensi dan motivasi dengan kinerja pegawai. Penelitian ini memberikan kontribusi penting untuk memahami bagaimana faktor-faktor seperti kompetensi dan motivasi dapat meningkatkan kinerja pegawai, serta pentingnya kualitas SDM dalam memperkuat hubungan tersebut. Berdasarkan temuan ini, perusahaan diharapkan dapat memperbaiki program pengembangan kompetensi dan motivasi pegawai untuk meningkatkan kualitas SDM dan kinerja yang lebih optimal.

Copyrights © 2025