Penggunaan media Game-Based Learning dalam proses pendidikan telah muncul sebagai inovasi yang mampu mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh era digital. Media ini berfungsi sebagai alat pedagogis sekaligus katalisator untuk meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran berbasis permainan dalam meningkatkan pemahaman dan kinerja siswa, terutama dalam disiplin ilmu yang membutuhkan kemampuan logis dan teknis. Sebuah studi literatur dan analisis data sekunder dari beberapa penelitian mengungkapkan bahwa permainan edukatif memberikan banyak manfaat dibandingkan dengan teknik pembelajaran tradisional. Permainan dapat menyediakan konten edukatif secara dinamis dan menarik, sehingga mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Lebih lanjut, permainan mendorong pembelajaran berbasis masalah dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media berbasis permainan menunjukkan peningkatan hasil belajar yang substansial dibandingkan dengan mereka yang menggunakan pendekatan konvensional. Permainan edukatif telah menunjukkan efektivitas dalam membantu pemahaman siswa terhadap mata pelajaran yang menantang melalui simulasi dan representasi interaktif. Hasil ini menggarisbawahi pentingnya inovasi dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era kontemporer.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025