Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 6 No. 1 (2025)

Pelatihan Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Etnosains Bagi Guru Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru

Afidah, Mar'atul (Unknown)
Firda, Arlian (Unknown)
Rikizaputra , Rikizaputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kapasitas guru dalam menyelenggarakan pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan siswa, khususnya melalui pendekatan etnosains. Etnosains merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan kearifan lokal dalam penyampaian konsep-konsep ilmiah. Tujuan utama pelatihan ini adalah membekali guru Madrasah Aliyah Muhammadiyah di Pekanbaru dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan model pembelajaran berbasis etnosains. Pelatihan ini diikuti oleh 20 guru dan dilaksanakan secara luring terbatas. Metode pelatihan meliputi ceramah, diskusi, praktik penyusunan perangkat ajar, serta evaluasi melalui pretest dan posttest. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta yang signifikan. Artikel ini menguraikan urgensi, proses pelaksanaan, hasil, dan refleksi dari pelatihan, serta memberikan rekomendasi untuk keberlanjutan program tentang kearifan lokal di masa mendatang seperti pembuatan modul dan bahan ajar berbasis etnosains.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

parta

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Terbitan Berkala Ilmiah ini merupakan publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dengan cakupan bidang :Pembangunan manusia dan daya saing bangsa, Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal. Pengembangan ...