Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)
Vol. 6 No. 2 (2025): Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)

Pengembangan Modul Berbasis Web-Based Interactive Learning Modules Informatika

Ediward, Deni Sartika (Unknown)
Wijaya, Indra (Unknown)
Jafnihirda, Lika (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis web-based interactive learning pada mata pelajaran informatika kelas X di SMA Negeri 6 Padang Semester Genap TA 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan penelitian (R&D). Subjek penelitian berjumlah 30 orang. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan (ADDIE) dengan langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation dan (5) evaluate. Modul berbasis web-based interactive learning dilakukan dengan uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap tiga validator pada modul berbasis web-based interactive learning sebesar 95%, dapat diinterpretasikan sangat valid digunakan. Hasil uji praktikalitas terhadap tiga puluh siswa sebesar 87,18% dapat diinterpretasikan sangat praktis digunakan. Hasil uji efektivitas terhadap tiga puluh siswa sebesar 90,13% dapat diinterpretasikan sangat efektif digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan para ahli serta hasil uji coba lapangan modul berbasis web-based interactive learning pada pembelajaran informatika yang sudah teruji validitas, praktikalitas, dan efektivitas untuk digunakan pada pembelajaran informatika kelas X di SMAN 6 Padang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalpetisi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Taknologi Informasi. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau ...