Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 3 (2025): JUNI-JULI 2025

Refleksi Kritis atas Penerapan Deep Learning dalam Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 80/III Pungut Hilir Kabupaten Kerinci

Rahmatul hayati (Unknown)
Tiara Monaliza (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merefleksikan pengalaman guru dalam menerapkan pendekatan deep learning dalam pembelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar. Pembelajaran dirancang untuk mendorong pemahaman konsep yang mendalam melalui penggunaan video, media konkret untuk membuktikan rumus, serta kuis interaktif berbasis permainan. Hasil refleksi menunjukkan bahwa siswa lebih antusias, aktif, dan memahami materi secara lebih menyeluruh. Penerapan pembelajaran bermakna dan menyenangkan ini terbukti memberikan dampak positif terhadap proses dan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode reflektif, di mana guru merefleksikan praktik pembelajarannya secara sistematis. Temuan ini diharapkan menjadi inspirasi bagi guru lain untuk mengembangkan pembelajaran matematika yang lebih kontekstual, interaktif, dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...