Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies
Vol 3 No 4 (2025): Edisi Juli 2025

Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Mata Pelajaran IPAS Pada Siswa Kelas III

Nabila (Unknown)
Masyitah (Unknown)
Mira Andriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2025

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPAS sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran Media Gambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD IT Mulia Desa Pematang Biara Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 26 orang. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, pada tahap observasi dan peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran melalui penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat proses pembelajaran pada indikator siklus I sebanyak (53,84%) siswa mencapai kkm, pada siklus II meningkat (96,15%) menjadi 95% mencapai target kkm. Kemampuan dalam menggunakan media gambar sangat baik pada kondisi awal (26,92%) dalam cerita cukup baik menjadi (53,84%) pada siklus I dan menjadi (96,15%) dalam cerita sangat baik pada siklus II. Nilai klasikal hasil belajar siswa sebesar 85% dengan nilai rata-rata 75 jadi dapat di simpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJOMSS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Ruang Lingkup Jurnal Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies (IJOMSS) dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian segala bidang keilmuan dengan menerapkan pendekatan Indonesian Journal of Multidisciplinary ...