MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 1 (2025): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Pengaruh Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di MTs Pondok Pesantren Darul Fatah Desa Sendayan

Lestari, Vivi Sahira (Unknown)
Luthfi, Amir (Unknown)
Hidayat, Adityawarman (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dimulai dari rendahnya pemahaman konsep matematika di kalangan siswa kelas VIII MTs Pondok Pesantren Darul Fatah yang berada di Desa Sendayan. Tujuan utamanya adalah untuk menilai bagaimana metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berdampak pada pemahaman matematika siswa di kelas VIII. Metode yang digunakan adalah desain kuasi-eksperimental dengan cluster random sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Pondok Pesantren Darul Fatah tahun ajaran 2024/2025. Kelas VIIIA berfungsi sebagai kelompok kontrol, sedangkan VIIIC berperan sebagai kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep siswa. Analisis data dilakukan menggunakan Independent Sample T-Test dan uji N Gain yang diolah dengan perangkat lunak SPSS 21. Hasil dari Independent Sample T-Test memperlihatkan nilai signifikansi (2-tailed) di bawah 0,05, yaitu 0,000, yang menyebabkan H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu, analisis N-Gain Score menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 64,73%, yang menunjukkan efektivitas yang cukup baik. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Team Assisted Individualization (TAI) secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dan terbukti efektif dalam aplikasinya. Secara teoritis, hasil penelitian ini memperkuat teori pembelajaran kooperatif, khususnya model Team Assisted Individualization (TAI), yang menyatakan bahwa keterlibatan siswa dalam kerja kelompok disertai dengan pembelajaran individual dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII di MTs Pondok Pesantren Darul Fatah Desa Sendayan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mathlocus

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam ...