Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tren, isu, dan temuan penting terkait pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kajian literatur. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang fleksibel dan disesuaikan dengan keunikan berdasarkan kesiapan, minat, dan preferensi belajar setiap peserta didik. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah literature review. Penelitian diawali dengan mencari artikel-artikel yang berkaitan dengan topik penelitian yang akan dilakukan. Artikel ilmiah yang dijadikan data dalam penelitian ini berasal dari jurnal nasional dan internasional yang diterbitkan dalam kurun waktu delapan tahun terakhir (2016-2024) melalui google schoolar dalam aplikasi Publish or Perish (PoP). Berdasarkan hasil analisis 12 artikel, metode yang digunakan masih didominasi jenis literature review, walaupun jenis penelitian tindakan kelas, eksperimen, R & D, dan kualitiatif sudah mulai digunakan dalam meneliti pembelajaran berdiferensiasi. Kemudian, instrumen yang digunakan masih menitikberatkan kepada tes untuk mengukur hasil belajar dan gaya belajar. Tetapi, penggunaan instrumen nontest dan pengukuran aspek lain selain hasil belajar sudah ada walaupun belum banyak ditemukan dalam penelitian ini. Berdasarkan temuan tersebut, dapat menjadi peluang besar pada masa yang akan datang untuk lebih menekankan pada penelitian mix methods. Selain itu, kekurangan pada penelitian ini yaitu belum menggunakan VOSviewer, CiteSpace, ataupun Blibiometrix sebagai aplikasi penunjang dalam penelitian mix methods.
Copyrights © 2025