Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika
Vol. 3 No. 4 (2025): Juli: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory Intellegency Repetition (AIR) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar

Anggra Lita Sandra Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IVA dan kelas IVB. Kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing 20 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan instrumen tes berupa pre-test dan post-test. Selanjutnya, data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar matematika siswa kelas IV A SDN Bluru Kidul II tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) memiliki rata-rata = 72,50, dengan nilai tertinggi = 80 dan nilai terendah = 50. Hasil belajar matematika siswa kelas IV A SDN Bluru Kidul II dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) memiliki rata-rata = 85.20, dengan nilai tertinggi = 90 dan nilai terendah = 60. Hasil belajar matematika siswa kelas IV B SDN Bluru Kidul II. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) dalam meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel (2,440 > 2,009). Dari hasil penelitian ini, model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat menjadi salah satu pertimbangan guru SDN Bluru Kidul II dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bersatu

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

uang lingkup karya yang diterbitkan jurnal ini termasuk sub rumpun Ilmu Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra, Olahraga dan Kesehatan, Matematika dan MIPA, Teknologi dan Kejuruaan, Ilmu Pendidikan dan ...