Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Pembentukan Character Building Untuk Menurunkan Terjadinya Bullying Siswa Sd Amanah 1 Helvetia

Tarigan, Rahmawati (Unknown)
Muflih, Muflih (Unknown)
Chairunnisa, Milna (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perilaku bullying serta upaya penanganan perilaku bullying antar siswa dengan mmbentuk program character building siswa. Subjek penelitian dalam hal ini adalah korban dan pelaku. Program Empathy Character Building merupakan proses pembelajaran mengelola karakter empati siswa yang berfungsi untuk mengurangi perilaku yang berfokus pada perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek program Empathy Character Building terhadap penurunan perilaku bullying. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI sebanyak 34. Penelitian ini menggunakan Pretest Posttest Experiment Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh program Empathy Character Building terhadap penurunan perilaku bullying pada siswa kelas VI SD Amanah 1 Helvetia. Metode pengambilan data yang dilakukan dengan cara wawancara secara mendalam, obervasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui langkah- langkah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan, analisis perilaku bullying yang telah didalami korban dalam bentuk bentuk verbal sehingga korban malas pergi sekolah, korban merasa malu karen sering diejek dirinya dan ayahnya, dan penyebabnya adalah korban terlihat lemah ditambah keadaan ekonomi keluarga yang rendah. Korban sering membalas perlakuan teman yang membully dia tetapi korban tetap merasa kalah sehingga malas sekolah. Pembentukan character building siswa dilakukan di sekolah melalui pembiasaan serta keteladanan dan diharapkan siswa membentuk karakter yang tidak hanya religius dan memiliki karakter yang baik dalam bersosialisasi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...