Jurnal Pengabdian UMKM
Vol. 4 No. 2 (2025): Juli

PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN

Ali Alam, Iskandar (Unknown)
Hartono, Bambang (Unknown)
Hakim, Lukmanul (Unknown)
Muwardi, Haris (Unknown)
Erlangga, Erlangga (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Pelatihan digital marketing bagi santri pondok pesantren merupakan inisiatif strategis untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan santri dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran. Dalam era digital yang terus berkembang, pemasaran digital menawarkan berbagai keuntungan, termasuk kemampuan untuk menjangkau pasar global dan efisiensi biaya. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek digital marketing, seperti penggunaan media sosial, SEO (Search Engine Optimization), dan strategi konten. Melalui analisis kebutuhan awal, pelatih dapat mengidentifikasi area di mana santri memerlukan pengetahuan tambahan. Pelaksanaan pelatihan dilakukan melalui sesi interaktif, praktik langsung, dan evaluasi untuk mengukur efektivitas program. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan santri merancang kampanye pemasaran yang efektif serta kepercayaan diri dalam menggunakan alat digital. Meskipun ada tantangan terkait akses teknologi, dukungan berupa program pelatihan sangat penting untuk memastikan keberhasilannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JPU : Jurnal Pengabdian UMKM, diterbitkan oleh Pusat Studi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah- Universitas Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian UMKM terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan bulan Juli yang membahas praktik dan proses Pengabdian kepada Masyarakat khususnya bagi pengembangan ...