Implementasi video animasi pada mata pelajaran matematika penting guna meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada materi lambang bilangan yang sering dianggap sulit dan kurang menarik. Dengan menggunakan video animasi dapat membantu siswa dalam memahami materi dengan lebih mudah dan menyenangkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi pembelajaran menggunakan video animasi di SD Negeri Catur, (2) Kendala dalam menggunakan video animasi di SD Negeri Catur, dan (3) Dampak dalam menggunakan video animasi di SD Negeri Catur. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul akan dikaji melalui tahap pengumpulan data, memadatkan data, menampilkan data, dan pengambilan kesimpulan dengan memakai teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berikut memperlihatkan (1) Strategi pembelajaran video animasi pada kegiatan pembukaan, inti dan penutup pembelajaran matematika kelas III di SD Negeri Catur, (2) Kendala dalam penggunaan video animasi di SD Negeri Catur, khususnya kendala yang dihadapi oleh sarana dan prasarana, guru, dan siswa, dan (3) Dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan video animasi di SD Negeri Catur, baik dampak positif maupun dampak negatif, yakni peningkatan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025