Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 4 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Evaluasi Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas UPT Labuapi Menggunakan Metode SERVQUAL

Supiana, Nia (Unknown)
Rahardjo, Bambang Budi (Unknown)
Muliani, Sriama (Unknown)
Abdiani, Baiq Tuhu (Unknown)
Niswa, Jueratun (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2025

Abstract

Evaluasi mutu layanan kesehatan menjadi langkah penting untuk mengidentifikasi aspek yang perlu ditingkatkan untuk mengoptimalkan kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi mutu layanan kesehatan di UPT Puskesmas Labuapi dengan menggunakan pendekatan SERVQUAL, diukur melalui survei yang melibatkan 150 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kehandalan, bukti fisik, dan jaminan memperoleh skor kesenjangan positif, yang menandakan bahwa pasien merasa layanan pada aspek-aspek tersebut telah memenuhi atau bahkan melampaui harapan mereka. Namun, dimensi empati mendapatkan skor kesenjangan negatif (-0,3), yang mengindikasikan bahwa pasien merasa perhatian dan kepedulian tenaga medis masih kurang optimal. Minimnya interaksi interpersonal serta komunikasi yang kurang hangat menjadi penyebab utama ketidakpuasan pasien dalam aspek ini. Maka diperlukan perbaikan, terutama dalam meningkatkan empati tenaga medis terhadap pasien dengan mengadakan pelatihan patient centered care guna meningkatkan keterampilan komunikasi tenaga kesehatan dan memperkuat hubungan interpersonal dengan pasien.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...