Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 4 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Implementasi Kurikulum Merdeka Berdasarkan Pandangan Guru di Sekolah Pada Jenjang SD Dan SMP

Kirana, Dwi Cici (Unknown)
Sinaga, Marlina (Unknown)
Tampubolon, Febri Crownika (Unknown)
Pardede, Ersa Manora (Unknown)
Silitonga, Monica Anjelica (Unknown)
Sinaga, Christa Voni Roulina (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Kurikulum Merdeka hadir sebagai respons terhadap kebutuhan pendidikan yang lebih fleksibel, relevan, dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi Kurikulum Merdeka berdasarkan pandangan guru pada jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Menggunakan pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui wawancara dengan guru-guru dari berbagai sekolah di Sumatera Utara. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar guru menyambut baik Kurikulum Merdeka karena memberikan keleluasaan dalam memilih pendekatan pembelajaran. Namun, keterbatasan fasilitas, kurangnya pelatihan, dan tantangan diferensiasi siswa masih menjadi hambatan utama. Temuan ini menunjukkan perlunya dukungan pelatihan berkelanjutan dan peningkatan infrastruktur pendidikan untuk keberhasilan implementasi kurikulum.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...