Penelitian ini menyoroti peran krusial keterampilan motorik bagi calon guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran berbasis permainan (game-based learning) dalam pengembangan keterampilan motorik siswa. Dengan pendekatan eksperimen dan desain pre-test serta post-test, penelitian ini berhasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan motorik siswa setelah penerapan metode tersebut, terbukti dari hasil tes yang lebih baik. Temuan ini menggarisbawahi potensi besar pembelajaran berbasis permainan dalam memaksimalkan pengembangan keterampilan motorik siswa. Penelitian merekomendasikan integrasi metode ini secara lebih luas dalam kurikulum pendidikan PJOK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengajaran. Pendekatan inovatif ini diharapkan dapat memajukan pendidikan PJOK dan mempersiapkan calon guru yang lebih kompeten.
Copyrights © 2025