Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage
Vol. 6 No. 2 (2025): Agustus

Optimalisasi Daya Saing UMKM Bu Asih dengan Penerapan Teknologi dan Pembaruan Packaging Produk Serta Membangun Komunikasi Pemasaran yang Efektif

Ahmad Izzudin (Unknown)
Tatit Diansari Reskiputri (Unknown)
Yohanes Gunawan Wibowo (Unknown)
Nursaidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

UMKM Bu Asih merupakan unit usaha yang berada di desa panti dan beroperasi dejak 2011. Usaha bu asih ini memiliki beberapa kendala/masalah dalam bisnisnya sehingga usahanya masih belum berkembang, berikut ini masalah yang dihadapi, masih menggunakan peralatan produksi yang tradisional dan belum bisa menghasilkan produk yang bagus, packaging yang masih sederhana, serta pemilik yang masih belum bisa mengoptimalkan sosial media dan e commerce untuk membangun komunikasi efektif dengan target konsumen. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat yg dilaksanakan dengan metode pendampingan, pembimbingan dan pemberian peralatan modern, maka UMKM Bu Asih bisa memproduksi produk yang lebih renyah, tahan lama dan memiliki varian rasa, serta memiliki packaging yang baru. Selain kemajuan tersebut, pemilik UMKM Bu Asih juga sudah bisa mengoperasionalkan tiktok untuk promosi dan menjalin komunikasi efektif dengan konsumen, pemilik juga diajari tentang penggunaan e commerce shoope untuk mejual produk keripiknya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

manage

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage adalah publikasi yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember dan diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember dengan Nomor p-ISSN: 2721-6608 dan e-ISSN: 2797-8451. Jurnal pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menampung ...