Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
Vol. 8 No. 1 (2025)

Optimalisasi Branding Desa Wisata Tihingan Melalui Potensi Gamelan Tradisional Bali

Trimandala, Nyoman Agus (Unknown)
Putra, Dewa Putu Kiskenda Erwanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Sejak dilandanya musibah covid 19 Pariwisata daerah klungkung menjadi sepi pengunjung.. Hal ini membuat Kabupaten Klungkung krisis desa wisata yang banyak orang kenal. Untuk itu, terkait hal itu peneliti melakukan destination branding yang bertujuan untuk memperkenalkan tempat-tempat wisata yang dimiliki oleh desa Tihingan Kabupaten Klungkung yang salah satunya memperkenalkan alat musik tradisional yaitu gamelan Bali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kelima tahap destination branding yaitu market investigation, analysis and strategic recommendations, brand identity development, brand launch and introduction, brand implementation dan monitoring, evaluation and review. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif jenis data kualitatif .Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi studi pustaka dan studi dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memperkenalkan desa wisata Tihingan Kabupaten Klungkung, peneliti melakukan market investigation, analysis and strategic recommendations dengan mengumpulkan data potensi pariwisata Adapun brand identity yang digunakan selama aktivitas branding ialah logo desa wisata tihingan. Peneliti dalam hal ini membuat dan me-rebranding kembali paket wisata desa tihingan serta mengaktifkan kembali desa wisata melalui Tihingan Familiarization Tour yang merupakan kegiatan pengenalan suatu desa wisata. Disamping itu peneliti serta pemerintah desa yang bersinergi dengan porkdarwis memperkenalkan kembali melalui media sosial secara online serta membuat brosur paket wisata secara offline. Hal ini dilakukan tentunya untuk membuat kembalai eksistensi desa wisata tihingan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMPP

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...