KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 5 No 2 (2025): KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

WORKSHOP INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ BAGI GURU

Putra, Armansyah (Unknown)
Asriyanti, Satri (Unknown)
Mulyani, Dita Tri (Unknown)
Rahim, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Penggunaan media pembelajaran digital yang inovatif merupakan salah satu tuntutan dalam pembelajaran abad ke-21, khususnya untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas proses evaluasi. Namun, pemanfaatan media digital interaktif seperti Quizizz masih tergolong rendah karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan guru. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dilakukan kegiatan pelatihan berbasis in-house training yang bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan aplikasi Quizizz sebagai media evaluatif yang menarik dan sesuai dengan karakteristik pembelajaran digital. Metode pelaksanaan terdiri atas tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, yang dilaksanakan selama dua hari dengan pendekatan partisipatif dan praktik langsung. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa seluruh peserta mampu membuat kuis interaktif dengan struktur soal yang sesuai dengan materi ajar masing-masing. Selain itu, simulasi pembelajaran yang dilakukan menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam menyusun evaluasi digital berbasis HOTS dan meningkatnya antusiasme dalam menerapkan teknologi dalam proses pembelajaran. Pelatihan ini terbukti efektif dalam meningkatkan literasi digital guru dan mendorong pembelajaran yang lebih inovatif, adaptif, dan kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KARYA_JPM

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health

Description

KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat pada multidisiplin penerapan iptek baik yang berbentuk ...