Global Journal Basic Education
Vol 4 No 2 (2025): Mei

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD

Yani, Lindi Pitri (Unknown)
Asti, Andi Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus, masing-masing terdiri atas tiga pertemuan. Setiap siklus melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, evaluasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar siswa dan observasi aktivitas selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa di setiap siklus. Hal ini dibuktikan adanya peningkatkan prestasi belajar siswa setiap siklusnya. Pada pra siklus, ketuntasan klasikal sebesar 56% dengan nilai rata-rata 55,6. Siklus I, ketuntasan klasikal sebesar 60% dengan nilai rata-rata 58,2. Siklus II, ketuntasan klasikal sebesar 76% dengan nilai rata-rata 76,6. Model Jigsaw berhasil meningkatkan pemahaman materi, keterlibatan siswa dalam pembelajaran, dan persentase ketuntasan klasikal. Kendala seperti kurangnya partisipasi aktif siswa dan gangguan selama proses pembelajaran berhasil diatasi melalui refleksi dan perbaikan pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil ini, model pembelajaran Jigsaw direkomendasikan untuk diterapkan sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa secara aktif pada pembelajaran IPS. Kata Kunci: Prestasi Belajar; Jigsaw; Pembelajaran Kooperatif; Penelitian Tindakan Kelas

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...