Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus, masing-masing terdiri atas tiga pertemuan. Setiap siklus melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, evaluasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar siswa dan observasi aktivitas selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa di setiap siklus. Hal ini dibuktikan adanya peningkatkan prestasi belajar siswa setiap siklusnya. Pada pra siklus, ketuntasan klasikal sebesar 56% dengan nilai rata-rata 55,6. Siklus I, ketuntasan klasikal sebesar 60% dengan nilai rata-rata 58,2. Siklus II, ketuntasan klasikal sebesar 76% dengan nilai rata-rata 76,6. Model Jigsaw berhasil meningkatkan pemahaman materi, keterlibatan siswa dalam pembelajaran, dan persentase ketuntasan klasikal. Kendala seperti kurangnya partisipasi aktif siswa dan gangguan selama proses pembelajaran berhasil diatasi melalui refleksi dan perbaikan pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil ini, model pembelajaran Jigsaw direkomendasikan untuk diterapkan sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa secara aktif pada pembelajaran IPS. Kata Kunci: Prestasi Belajar; Jigsaw; Pembelajaran Kooperatif; Penelitian Tindakan Kelas
Copyrights © 2025