IQRO: Journal of Islamic Education
Vol. 8 No. 1 (2025): APRIL 2025

Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif “Octopus Trap Game” Terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlak MI Hubbul Wathon

Shodiyah, Halimatus (Unknown)
Kirom, Askhabul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Hubbul Wathon Pandaan menjadi latar belakang penelitian ini. Salah satu penyebabnya adalah penerapan metode pembelajaran konvensional, seperti ceramah, serta keterbatasan media yang masih berfokus pada buku teks. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh media pembelajaran interaktif Octopus Trap Game terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional dan analisis regresi linier sederhana. Sampel terdiri dari 21 siswa kelas V, dengan data diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (α = 0,720 untuk media dan α = 0,901 untuk motivasi belajar). Analisis data meliputi uji normalitas, linieritas, heteroskedastisitas, dan regresi linier sederhana. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan Octopus Trap Game berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar (p = 0,000) dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,514. Artinya, 51,4% variasi dalam motivasi belajar siswa dijelaskan oleh media tersebut. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis permainan edukatif dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, khususnya pada pembelajaran Akidah Akhlak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

IQRO: Journal of Islamic Education is a peer-reviewed scholarly online journal. The IQRO is published twice in July and December. IQRO welcomes every paper on Islamic education and applications in the domain of islamic education: original theoretical work, literature review, research reports, ...