Jurnal Lempu
Vol. 2 No. 2 (2025): July

Pemakaian Media Pembelajaran Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA SDN Kompleks IKIP I

Anistia (Unknown)
Khaerunnisa (Unknown)
Sumiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Study ini bertujuan guna menganalisis keterlaksanaan serta kenaikan hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran IPA melalui media komik. Jenis study ini ialah Study Tindakan Kelas(PTK)yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek study mencakup 10 siswa kelas V SDN Kompleks IKIP I, dengan 5 siswa laki-laki serta 5 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, serta dokumentasi. Instrumen study mencakup lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, serta lembar tes. Data dianalisis memakai metode deskriptif kuantitatif. Hasil menginterpretasikan   keterlaksanaan serta hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I, keterlaksanaan pembelajaran meraih 84%(baik), serta meningkat pada siklus II menjadi 94%(sangat baik). Aktivitas siswa turut meningkat dari 70%(aktif)pada siklus I menjadi 82%(sangat aktif)di siklus II. Hasil belajar siswa meningkat dari 30%(sangat rendah)pada siklus I menjadi 100%(tinggi)di siklus II.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...