Effective classroom management is the primary foundation for creating a conducive learning environment, but challenges such as diverse student characteristics often hinder the achievement of learning objectives. This background encourages the study of more adaptive strategies. This research focuses on needs analysis and classroom management through a collaborative approach as an innovative solution. As the primary research step, a Systematic Literature Review (SLR) method was used, examining 40 relevant scientific articles published between 2019 and 2025. Key findings indicate that a collaborative approach has proven highly effective in managing heterogeneous classes. This approach significantly encourages active student engagement, hones critical thinking skills, and develops social skills through group discussions and problem-solving. Teachers transform from learning centers into responsive facilitators, while students are empowered to construct knowledge independently and collaboratively. In conclusion, a collaborative approach is a superior classroom management strategy for addressing diverse student needs and enhancing learning effectiveness. Its success depends heavily on the teacher's role as a skilled guide to ensure equitable and productive participation from each student. ABSTRAKManajemen kelas yang efektif merupakan fondasi utama untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, namun tantangan berupa keragaman karakteristik siswa seringkali menghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Latar belakang ini mendorong kajian terhadap strategi yang lebih adaptif. Penelitian ini berfokus pada analisis kebutuhan dan manajemen kelas melalui pendekatan kolaboratif sebagai salah satu solusi inovatif. Sebagai langkah penelitian utama, digunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menelaah 40 artikel ilmiah relevan yang diterbitkan antara tahun 2019 hingga 2025. Temuan utama menunjukkan bahwa pendekatan kolaboratif terbukti sangat efektif dalam mengelola kelas yang heterogen. Pendekatan ini secara signifikan mendorong keterlibatan aktif siswa, mengasah kemampuan berpikir kritis, dan mengembangkan keterampilan sosial melalui diskusi serta pemecahan masalah secara berkelompok. Guru bertransformasi dari pusat pembelajaran menjadi fasilitator yang responsif, sementara siswa diberdayakan untuk membangun pengetahuan secara mandiri dan bersama. Kesimpulannya, pendekatan kolaboratif merupakan strategi manajemen kelas yang unggul untuk menjawab kebutuhan siswa yang beragam dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Keberhasilannya sangat bergantung pada peran guru sebagai pembimbing yang terampil untuk memastikan partisipasi yang merata dan produktif dari setiap siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025