Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
Vol. 8 No. 1 (2025): January - April

Integrasi Model Problem Based Learning dan Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar

Sukadi, Maria Fransisca (Unknown)
Tuerah, Roos M. S. (Unknown)
Pangkey, Richard (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang kurang tepat, khususnya pada mata pelajaran matematika, memengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik sehingga penelitian ini bertujuan meningkatkan keberhasilan guru menerapkan model Problem Based Learning melalui pembelajaran berdiferensiasi pada materi KPK dan FPB di kelas V B SD Negeri 02 Manado serta meningkatkan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan model tersebut. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 28 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar, dengan analisis deskriptif berdasarkan presentase ketuntasan minimal 75%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PiJIES

Publisher

Subject

Education

Description

PiJIES: PEDAGOGIK Journal of Islamic Elementary School is a peer-reviewed journal which is published by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Palopo. This Journal publishes manuscripts on research in Islamic education and elementary school. PiJIES features research novelties and ...