Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
Vol. 8 No. 1 (2025): January - April

Implementasi Strategi Mengajar Kreatif oleh Guru Sekolah Dasar: Kajian Kualitatif

Rima Liando, Sillia (Unknown)
Lumapow, Harold R. (Unknown)
Rindengan, Mersty E. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran kreatif di SD GMIM 27 Manado, termasuk faktor pendukung, penghambat, dan manfaatnya terhadap proses belajar siswa. Kebaruan studi terletak pada analisis holistik penerapan berbagai strategi kreatif sekaligus, berbeda dengan penelitian sebelumnya yang lebih terfokus pada metode tunggal. Penelitian ini mengisi kekurangan literatur yang minim kajian mengenai hambatan praktis dan dukungan institusional dalam pelaksanaan strategi kreatif. Metode kualitatif studi kasus digunakan melalui observasi kelas, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Temuan menunjukkan strategi tersebut efektif meningkatkan partisipasi siswa, menciptakan suasana belajar menyenangkan, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif. Kendala seperti keterbatasan waktu, sarana, dan kebutuhan pelatihan guru menegaskan pentingnya dukungan institusional dan pengembangan profesional untuk optimalisasi pembelajaran kreatif di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PiJIES

Publisher

Subject

Education

Description

PiJIES: PEDAGOGIK Journal of Islamic Elementary School is a peer-reviewed journal which is published by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Palopo. This Journal publishes manuscripts on research in Islamic education and elementary school. PiJIES features research novelties and ...