FOUNDASIA
Vol. 16 No. 1 (2025)

Pengembangan Media Kartu “PeKaD” untuk Peningkatan Perencanaan Karier Siswa SMK

Anandita Denta Tamara (Unknown)
Antonius Ian Bayu Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2025

Abstract

Media PeKaD merupakan bentuk dari sebuah media pembelajaran berupa kartu yang berisi poin pernyataan yang mengarah untuk mengukur tipe kepribadian siswa berdasarkan model RIASEC. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu perencanaan karier PeKaD berbasis metode RIASEC sebagai media dalam layanan bimbingan dan konseling. Media ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa SMK. Penggunaan kartu PeKaD memungkinkan siswa untuk mengenali tipe kepribadian mereka berdasarkan teori RIASEC, yang terdiri dari enam kategori: Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, dan Conventional. Metode dalam penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model 4D yang berisi define, design, development, dan disseminate. Hasil dalam penelitian ini berdasarkan uji kelayakan satu validator media dan satu validator ahli dinyatakan “sangat layak”. Berdasarkan penilaian oleh guru bimbingan dan konseling, media PeKaD ini dinyatakan “sangat layak”. Hasil uji efektivitas yang dilakukan terhadap siswa SMK dinalisis menggunakan Uji-T. Hasi pengujian menunjukkan peningkatan hasil antara pretest dengan postest sebesar 7.75714. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan media kartu PeKaD dinyatakan layak dan efektif untuk perencanaan karier siswa SMK. Kata kunci: media kartu, perencanaan karier, research and development, siswa SMK

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

foundasia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOUNDASIA is an open access, and peer-reviewed journal. FOUNDASIA will publish the selected articles under the Attribution-Share Alike 4.0 International Creative Commons license. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on foundations of education ...