Studi ini mengeksplorasi bagaimana pengelolaan sarana dan prasarana sekolah berkontribusi terhadap kualitas layanan pendidikan. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan, dengan data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur yang melibatkan staf administrasi yang bertanggung jawab atas pengelolaan sarana di sebuah sekolah menengah atas negeri, didukung oleh tinjauan pustaka. Temuan penelitian menunjukkan bahwa proses pengelolaan meliputi inventarisasi, perencanaan, pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan, dan evaluasi berkala, yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan sekolah. Meskipun telah dilakukan upaya pengelolaan secara sistematis, tantangan seperti keterbatasan anggaran dan kurangnya kepedulian pengguna masih menjadi masalah. Sarana yang dikelola dengan baik dan akuntabel sangat mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan secara signifikan meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025