Kemampuan numerasi merupakan kemampuan yang penting dimiliki oleh seseorang untuk dapat menerapkan konsep matematika dalam menyelesaikan berbagai jenis masalah dalam kehidupan sehari-hari. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan numerasi siswa, salah satunya kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal bilangan ditinjau dari kecerdasan emosional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes kemampuan numerasi soal AKM konten bilangan, penyebaran angket kecerdasan emosional dan wawancara. Subjek penelitian dipilih dari siswa kelas VIII SMP Islam Husnul Khotimah yang memenuhi ketiga indikator kemampuan numerasi tanpa melihat jawaban benar atau salah, pada masing-masing kategori kecerdasan emosional tinggi, sedang, rendah serta mampu menjelaskan hasil jawabannya dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa SL-2 yang merupakan siswa dengan kecerdasan emosional tinggi, tidak menuliskan simbol yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam soal. SP-11 yang merupakan siswa dengan kecerdasan emosional sedang, melakukan kesalahan dalam menggunakan simbol g dan mg. SP-18 yang merupakan siswa dengan kecerdasan emosional rendah, melakukan kesalahan pada indikator menafsirkan hasil analisis untuk mengambil keputusan ketika memprediksi hasil jawabannya. ABSTRACK Numeracy ability is an important ability for someone to be able to apply mathematical concepts in solving various types of problems in everyday life. Many factors can influence students' numeracy ability, one of which is emotional intelligence. The purpose of this study is to describe students' numeracy ability in solving number problems in terms of emotional intelligence. The research method used in this study is a descriptive qualitative method. Data collection techniques consist of a numeracy ability test with AKM questions on number content, distributing emotional intelligence questionnaires and interviews. The research subjects were selected from class VIII students of SMP Islam Husnul Khotimah with a total of 26 students who fulfilled the three indicators of numeracy ability without looking at right or wrong answers, in each category of high, medium, low emotional intelligence and were able to explain the results of their answers well. Based on the research results, it was found that SL-2, a student with high emotional intelligence, did not write the symbols used to solve the problem in the question. SP-11, a student with moderate emotional intelligence, made an error in using the symbols g and mg. SP-18, a student with low emotional intelligence, made an error in the indicator of interpreting analysis results to make decisions when predicting the answer.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025