Journal of Authentic Research on Mathematics Eduacation (JARME)
Vol 7, No 2

A REALISTIC APPROACH TO TEACHING ALGEBRAIC OPERATIONS TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Norhaslina, Norhaslina (Unknown)
Andina, Andina (Unknown)
Anggraini, Reri Seprina (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2025

Abstract

Operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar merupakan salah satu materi penting dalam pembelajaran aljabar. Pada kenyataannya, masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam belajar penjumlahan dan pengurangan aljabar disebabkan pembelajaran didominasi cara-cara formal sehingga hal ini tidak mendukung pemahaman siswa tentang konsep penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Oleh karena itu, diperlukan aktivitas belajar yang menekankan pada pemahaman konsep. Peneliti merancang aktivitas pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan pendekatan PMRI. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi berupa hypothetical Learning Trajectory (HLT) tentang materi operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dengan menggunakan pendekatan PMRI. Subjek pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Kerinci yang terdiri dari 15 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain research. Data dikumpulkan melalui lembar aktrivitas siswa (LAS), observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang telah dikumpulkan, dianalisis dengan cara yang meliputi mereduksi, menampilkan, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya kontribusi berupa HLT tentang materi operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dengan menggunakan pendekatan PMRI dapat membantu siswa dalam memahami konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar melalui pembelajaran dunia nyata atau pengalaman siswa atau hal yang dapat dibayangkan oleh siswa menggunakan LAS yang diberikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jarme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) ISSN: 2655-7762 (online) diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi. ...