Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU YASIR TANGERANG

Amalia, Aisyah (Unknown)
Miftachudin (Unknown)
Aidil Putra, Ibnu (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menelaah pengaruh metode Discovery Learning terhadap kepercayaan diri siswa kelas tinggi di SDIT Yasir Tangerang. Dengan masih terbatasnya penelitian yang sama di tingkat sekolah dasar menjadi alasan pentingnya penelitian ini dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei untuk memperoleh data secara objektif dari responden. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 110 siswa dengan sampel sebanyak 86 siswa. Data didapatkan melalui penyebaran angket tertutup kepada 86 siswa yang dipilih menggunakan rumus Slovin dan teknik stratified sampling untuk memastikan keterwakilan dari setiap jenjang kelas, kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, regresi linear sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi 0,001 yang artinya lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 dan nilai R2 sebesar 0,126. Ini mengindikasi bahwa metode Discovery Learning memiliki pengaruh yang signifikan, meskipun kontribusi yang diberikan terhadap kepercayaan diri siswa tergolong pada kategori rendah. Metode Discovery Learning memberikan pengaruh positif terhadap kepecayaan diri siswa kelas tinggi sekolah dasar, meski pengaruhnya hanya sebesar 12,6%. Berdasarkan keterbatasan temuan tersebut, penelitian ini membutuhkan studi lebih mendalam dengan desain eksperimen atau penambahan variabel moderator guna mengoptimalkan efektivitas metode.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...