Pendidikan kejuruan berperan penting dalam mencetak lulusan yang siap kerja dan berjiwa kewirausahaan. Namun, pembelajaran kewirausahaan di SMK masih cenderung teoritis dan kurang kontekstual. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model PEMUDA (Pembelajaran Mandiri dan Usaha Berbasis Dunia Kerja dan Aksi Nyata) sebagai inovasi pembelajaran kewirausahaan yang mengintegrasikan pengalaman langsung dari dunia usaha dan industri (DUDI) dengan pembelajaran mandiri berbasis aksi nyata. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Tahap Define dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Tahap Design menghasilkan rancangan model yang mencakup aktivitas pembelajaran mandiri, kunjungan usaha, dan penyusunan rencana usaha. Model diujicobakan pada 30 siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Jember program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Data diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa model PEMUDA meningkatkan keterlibatan aktif siswa, pemahaman konsep kewirausahaan, serta minat dan kesiapan berwirausaha. Guru dan siswa menilai model ini praktis dan dapat diterima. Pada tahap Disseminate, model disosialisasikan kepada guru kewirausahaan dan dipublikasikan dalam jurnal. Model ini direkomendasikan untuk diterapkan lebih luas di SMK.
Copyrights © 2025