Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

PENERAPAN MEDIA GAME WORDWALL DALAM PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD IT AN-NAFIS TELUK MENGKUDU

Sindy Ramadhani (Unknown)
Silalahi, Beta Rapita (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya minat belajar matematika siswa kelas IV SD IT An-Nafis Teluk Mengkudu. Selain itu, pada penyampaian pembelajaran belum menerapkan dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis IPTEK. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas IV SD IT An-Nafis Teluk Mengkudu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD IT An-Nafis Teluk Mengkudu berjumlah 20 siswa. Teknik prosedur penelitian berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan metode lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa penerapan media game wordwall dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas IV SD IT An-Nafis Teluk Mengkudu. Hal ini dapat dilihat dari siklus I diperoleh persentase sebesar 58% artinya setengahnya siswa berminat belajar matematika dengan menggunakan media game wordwall sedangkan siklus II diperoleh persentase sebesar 79% artinya hampir selurunya siswa memiliki minat belajar matematika dengan menggunakan media game wordwall.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...