Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Press.

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM MENINGKATKAN KEBEBASAN BERPENDAPAT SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMP N 1 SEMPU BANYUWANGI

Christian Eka Widiawati (Unknown)
Budiono (Unknown)
Trisakti Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran PKn di SMP N 1 Sempu. 2) Kebebasan berpendapat siswa dalam pembelajaran PKn di SMP N 1 Sempu. 3) Implementasi nilai-nilai demokrasi apakah dapat meningkatkan kebebasan berpendapat di SMP N 1 Sempu. 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kebebasan berpendapat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) PKn berperan penting dalam membentuk karakter dan sikap siswa, dan hal ini sudah diimplementasikan melalui diskusi kelompok dan kerja sama dalam menyelesaikan tugas. Implementasi terhadap kebebasan berpendapat dan kolaborasi dalam pengambilan keputusan, dilakukan melalui pemilihan ketua kelas dan OSIS. 2) Di SMP N 1 Sempu, kebebasan berpendapat penting untuk menciptakan suasana belajar yang demokratis, meskipun partisipasi siswa masih terbatas dan banyak yang apatis untuk menyampaikan pendapat mereka. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai demokrasi, seperti toleransi, kerja sama, dan penghargaan terhadap perbedaan pendapat, secara signifikan meningkatkan kebebasan berpendapat. 4) Faktor pendukung dan penghambat di SMP N 1 Sempu antara lain: a) Kegiatan Praktis siswa dilakukan b)Kurikulum yang relevan c) Dukungan dari kepala sekolah dan guru. Faktor penghambat anatara lain: a) Sikap apatis siswa b) Perbedaan karakter individu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...