Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATERI BANGUN DATAR DI SD NEGERI 30 PALEMBANG

imelda (Unknown)
Dina Octaria (Unknown)
Yunika Lestaria Ningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Materi Bangun Datar SD Negeri 30 Palembang, dan 2) Respon siswa dalam pembelajaran materi Bangun Datar setelah diterapkanya Model Problem Based Learning di SD Negeri 30 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre experimental design dengan desain penelitian one-shot case study. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap di SD Negeri 30 Palembang dengan subjek penelitian kelas VB yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling , karena seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Rancangan perlakuan yang digunakan peneliti, yaitu tahap pemberian perlakuan dan tahap pemberian tes akhir (posttest).. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data, yaitu teknik analisis data tes, teknik analisis angket respon, dan teknik analisis keefektifan penerapan model PBL. Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar rata -rata sebesar 86,00 dan angket respon dengan nilai rata- rata 3,789, termasuk dalam kategori sangat Baik. Berdasarkan hasil belajar dan respon siswa tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun datar kelas VSD Negeri 30 Palembang yang termasuk dalam kategori baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...