Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Materi Bangun Datar SD Negeri 30 Palembang, dan 2) Respon siswa dalam pembelajaran materi Bangun Datar setelah diterapkanya Model Problem Based Learning di SD Negeri 30 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre experimental design dengan desain penelitian one-shot case study. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap di SD Negeri 30 Palembang dengan subjek penelitian kelas VB yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling , karena seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Rancangan perlakuan yang digunakan peneliti, yaitu tahap pemberian perlakuan dan tahap pemberian tes akhir (posttest).. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data, yaitu teknik analisis data tes, teknik analisis angket respon, dan teknik analisis keefektifan penerapan model PBL. Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar rata -rata sebesar 86,00 dan angket respon dengan nilai rata- rata 3,789, termasuk dalam kategori sangat Baik. Berdasarkan hasil belajar dan respon siswa tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun datar kelas VSD Negeri 30 Palembang yang termasuk dalam kategori baik.
Copyrights © 2025