Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas VI UPTD SD Negeri 76 Ujungpero

Ansar (Unknown)
Andi Makkasau (Unknown)
Erma Suryani Sahabuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Pendidikan sebaiknya membuka ruang dan menuntun siswa untuk dapat menyukai kembali matematika dengan kemampuan mereka sendiri. Pada kenyataannya, berdasarkan temuan studi yang tealah dilakukan di UPTD SDN 76 Ujungpero, menunjukkan bahwa prestasi akademik siswa pada materi bangun ruang masih rendah. Arah penelitian ini yaitu melihat penerapan model discovery untuk meningkatkan prestasi akademik siswa pada materi bangun ruang kelas VI UPTD SDN 76 Ujungpero. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI UPTD SDN 76 Ujungpero. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data yaitu catatan lapangan, dan soal/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang terbukti dapat meningkatkan prestasi akademik siswa dalam pembelajaran yang tersaji dalam kegiatan siklus I ada 3 siswa atau 20% tuntas dan 12 siswa atau 80% tidak tuntas dan setelah dilakukan perbaikan pembelajaran di siklus II maka menghasilkan data bahwa ada 15 siswa atau 100% tuntas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...