Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Build

MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN: EVALUASI MODEL PENGELOLAAN PEMBIAYAAN DANA BOS

Novi Andriani (Unknown)
Nursaidah (Unknown)
Fina Umu Rif Athi (Unknown)
Sidik Al Kahfi (Unknown)
Fadhillah Izzatun Nisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Manajemen pembiayaan adalah salah satu faktor yang sangat utama dan yang paling penting dalam lembaga pendidikan, salah satunya di MI Tarbiyatul Athfal Tugurejo Magelang. Pengembangan model pengelolaan pembiayaan yang ada di MI Tarbiyatul Athfal Tugurejo yaitu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi dari lembaga tersebut. Dana BOS yang diterima oleh Sekolah MI Tarbiyatul Athfal Tugurejo Magelang dengan dua tahap, tahap 1 (Januari-Juni) sebesar Rp 26.650.000 dan tahap 2 (Juli-Desember) sebesar Rp 26.650.000. Satuan biaya BOS MI sebesar Rp 900.000,00 (Sembilan ratus ribu rupiah) per 1 (satu) peserta didik setiap 1 (satu) tahun. Pengelolaan dana BOS di madrasah ini menerapkan prinsip efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas. Adapun jenis penelitian ini yaitu kualitatif , karena data yang dikumpulkan berupa kata-kata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Adapun narasumber dalam penelitian ini yaitu kepala Sekolah MI Tarbiyatul Athfal ibu Munthofiyah, S.Pd dan bendahara BOS Ibu Wahyu Okta Verinawati. Adapun hasil penelitiannya yaitu implementasi pengembangan model pembiayaan dana BOS sudah sangat baik, karena dana BOS dikelola dengan baik oleh pihak MI Tarbiyatul Athfal Tugurejo. Laporan dana BOSnya juga sudah mengikuti Juknis yang telah ditentukan oleh Pemerintah serta meningkatkan kinerja guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...