Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Build

DEVELOPMENT OF SOCIAL SCIENCE LEARNING VIDEOS THROUGH MEDIA FOR GRADE V STUDENTS OF SDN NAIFATU

Lakapu, Pifa Arita (Unknown)
Nenoliu, Dian Sidiarna (Unknown)
Makleat, Melifera Yani (Unknown)
Lakapu, Dyen E. (Unknown)
Sunbanu, Halani F. (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjadikan media pembelajaran video sebagai pengalaman belajar yang menarik dan efektif bagi siswa kelas V IPS. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dan penelitian dokumenter. Informasi direduksi, disajikan dan disimpulkan. Dengan menggunakan model ASSURE, pengembangan media video pembelajaran dilakukan dalam enam tahap: (1) analisis siswa; (2) menetapkan tujuan pembelajaran; (3) pemilihan metode, alat dan bahan; (4) penggunaan media dan bahan; (5) meningkatkan partisipasi; dan (6) evaluasi dan perbaikan. Tes ini menilai hasil belajar siswa setelah menggunakan media video IPS. Perkembangan media video ini ditegaskan pada pembelajaran IPS kelas V. Setelah dilakukan uji validasi, siswa mengikuti ujian akhir. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media video dalam pembelajaran IPS berdasarkan hasil tes dan hasil belajar siswa. Hasil ujian siswa sebesar 90,5% dan hasil pasca ujian rata-rata 90,75% yang menunjukkan siswa berhasil lulus KKM. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan lingkungan belajar berbasis video merupakan cara yang efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...