Fenomena kekerasan di sekolah (bullying) yang terus meningkat menunjukkan adanya kemerosotan nilai-nilai kemanusiaan. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah menerapkan pendidikan karakter yang menekankan nilai-nilai religius. Pendidikan karakter berperan penting dalam membentuk peserta didik yang religius, tangguh, kompetitif, dan berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan serta implikasi penguatan nilai-nilai religius dalam mencegah bullying di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Dlanggu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MA Bustanul Ulum Dlanggu telah menerapkan nilai-nilai religius seperti nilai ibadah, kedisiplinan, dan toleransi. Penguatan nilai-nilai tersebut berdampak positif dalam mengurangi perilaku bullying di lingkungan sekolah, menciptakan suasana yang lebih harmonis dan aman bagi seluruh warga madrasah.
Copyrights © 2025