Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang peneliti lakukan terhadap peserta didik di SMKN 14 Jakarta, permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan peserta didik di SMKN 14 Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler signifikan terhadap kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap kedisiplinan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan indikator kedisiplinan seperti, mentaati peraturan dan tata tertib, menyelesaikan dan mengumpulkan tugas sesuai waktunya. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika dilihat dari uji koefisien product moment menghasilkan ”rxy” atau “ro” sebesar 0,720, sedangkan “rt” pada tabel signifikan 5% = 0,325 dan taraf signifikan 1% = 0,418. Dengan demikian dapat diketahui bahwa “ro” > “rt” baik pada signifikan 5% maupun 1%. Maka berdasarkan hasil tersebut Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak atau tidak disetujui. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler rohis dengan kedisiplinan peserta didik.
Copyrights © 2025